Pages

Jumat, 21 Desember 2012

Manfaat Pertamax

       
           Pasti anda kenal dengan BBM non-subsidi ini. BBM yang satu ini sangat jarang yang menggunakannya karena harganya yang 'WOW'. Tapi harganya yang 'WOW' sebanding dengan kelebihannya. Pertamax memang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Tapi, Pertamax memiliki nilai oktan 92 dengan stabilitas oksidasi yang tinggi dan kandungan olefin, aromatic dan benzene pada level yang rendah. Ini menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna pada mesin. Saat menggunakan Pertamax, mesin akan terasa lebih kasar dan panas saat dipakai, disebabkan karena pembakaran yang lebih besar.
 
Bahan bakar biasanya diukur dengan Research Octane Number atau disingkat RON. Jenis Premium punya RON 88, Pertamax dengan RON 92 dan Pertamax Plus RON 96. Research Octane Numberadalah sebuah nilai yang digunakan untuk mengukur ketahanan mesin motor bahan bakar bensin terhadap efek mesin ngelitik.
 
Pertamax bahan bakar untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi minimal 91, serta menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.
 
Karena memiliki oktan tinggi, maka Pertamax dan Pertamax Plus bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi. Sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan Pertamax Plus lebih maksimal, karena BBM digunakan secara optimal.
 
Sedangkan pada mesin yang menggunakan Premium, BBM terbakar dan meledak tidak sesuai dengan gerakan piston. Gejala ini yang dikenal dengan knocking atau mesin ngelitik. Jika dibiarkan terus-menerus, maka piston bisa jebol !! Wah, pasti nggak mau kan kalau piston nya jebol. Dan juga, Pertamax juga bisa membersihkan timbunan deposit pada fuel injectorinlet valve, ruang bakar dan mampu melarutkan air di dalam tangki kendaraan.

Kalau uang tidak mumpuni, pake cara campurkan bensin pertamax dengan premium. Itu lebih hemat dan oktannya tetap naik walaupun tidak sebesar pertamax

nih saya kasih daftar rasio kompresi dan BBM biar tahu BBM mana yang cocok sama motor kalian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More